Program Yayasan Anak Kita

  1. Pendidikan Formal (di Sekolah/ Kampus)
  • SMA

Kami menyekolahkan anak asuh di SMPN 1 atau SMPN 2  Kota Magelang. Anak asuh ditargetkan mendapatkan ranking 5 besar di sekolah.

  • SMA

Anak asuh diharuskan masuk ke SMAN 1 Magelang dan SMAN 2 Magelang (ketentuan ini berlaku mulai tahun ajaran 2014).

  • Perguruan Tinggi

Apabila ansuh menunjukkan prestasi luar biasa selama di yayasan, Yayasan dapat mempertimbangkan untuk melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi/ organisasi pendidikan lain dengan sistem beasiswa. (Pada prinsipnya, ansuh harus berupaya menerima beasiswa dari sekolah, bidikmisi, dsb dulu. Tapi kalau masih ada kekurangan, Yayasan akan membantu kekurangannya).

  • Pendidikan di Yayasan

Selain pendidikan di sekolah, kami mengadakan pendidikan tersendiri dengan bimbingan pengajar /sukarelawan. Daftar pendidikan dan ketrampilan  yang diberikan:

  1. Matematika
  2. Bahasa Indonesia
  3. Bahasa Inggris
  4. Motivasi Akhlak
  5. Tata Boga
  6. Tata Busana
  7. Komputer/ Desain Grafika
  8. Entrepreneurship Teori
  9. Entrepreneurship Praktik
  10. Percakapan Bahasa Jepang
  11. Percakapan Bahasa Inggris
  12. Pendidikan Agama Islam
  13. Olah Raga

Gambar 17: Kegiatan Les Matematika 

                                     Gambar 18: Kegiatan Les Tata Busana

                                      Gambar 19: Kegiatan Les Desain Grafis

c. Agenda Tahunan

  1. Apresiasi Film

Apresiasi film dilaksanakan 3-4 bulan sekali. Acara ini diikuti oleh keluarga besar Yayasan Anak Kita. Biasanya acara dilaksanakan di bioskop ataupun di kediaman Pendiri. Film yang diputarkan adalah film – film inspiratif sehingga mampu memperkuat motivasi anak.

  • Jalan Sehat

Jalan sehat diadakan setahun sekali. Diikuti oleh keluarga besar YAK. Biasanya jalan sehat diadakan dalam bentuk pendakian gunung. Tujuan dari  pendakian gunung adalah mengajarkan anak untuk  selalu semangat, menempuh cita – cita yang tinggi dan luhur, dengan dimulai dari langkah-langkah kecil seperti langkah mendaki gunung. Selama ini kami telah mengadakan jalan sehat ke: a) Gunung Andong

  • Gunung Telomoyo
    • Gunung Sumbing ( lereng saja)
    • Jalur Magelang-Temanggung (40 km)
    • Kebun Teh Tembi
    • Watu Kendil

                    Gambar 20: Jalan Sehat ke Puncak Telomoyo

                             Gambar 20: Jalan Sehat ke Gunung Andong

  • Ulang Tahun Yayasan/ Lomba Apresiasi Seni

Lomba apresiasi seni diadakan setahun sekali. Lomba ini diadakan dalam rangka HUT Yayasan Anak Kita. Lomba ini diperuntukkan khusus untuk anak asuh. Acara ini dihadiri oleh pendiri, pengawas, pengurus, serta tamu undangan . Apresiasi seni dilaksanakan di Gedung Workshop “Tunas Harapan” Yayasan. Setiap kamar wajib menampilkan karya seni di hadapan para tamu undangan. Tentunya dibutuhkan persiapan yang matang untuk bisa tampil dengan baik, dan menjadi pemenang.

Gambar 21: Tasyakuran HUT Dasawarsa Yayasan

Gambar 22: Pentas Seni HUT Dasawarsa Yayasan

  • Lomba Memancing

Lomba memancing diadakan setahun sekali. Pihak yayasan memilihkan tempat yang nyaman dan berkesan. Lomba memancing diikuti oleh keluarga besar YAK. Lomba diadakan dalam bentuk individual  dan kelompok  engan tujuan untuk memperkokoh kerjasama dan keakraban.

                                      Gambar 23: Lomba Memancing

  • Lomba Olah Raga

Lomba olah raga diadakan satu tahun sekali.  Lomba ini biasanya diadakan dalam angka HUT RI ( 17 Agustus 1945). Peserta lomba meliputi pihak intern Yayasan ( ansuh, dan pengurus) serta dari pihak eksternal ( tamu undangan seperti: karyawan Koperasi yakin Syariah dan

BPR Niji)

                                          Gambar 24: Lomba Olah Raga

  • Rekreasi/ Wisata

Rekreasi/ wisata diadakan setahun sekali. Amanda Hills Bandungan, Kyai Langgeng, Gedung Songo, Tawang Mangu, dan masih banyak lagi tempat wisata yang telah kami kunjungi. Jika tidak memungkinkan diadakan hanya dalam satu hari, kami juga menyediakan penginapan yang nyaman di area tempat rekreasi untuk peserta.

Gambar 25: Rekreasi/ Wisata

  • Pelepasan Ansuh

Kegiatan dilaksanakan setiap ada ansuh yang berubah status menjadi alumni.  Dalam kegiatan ini tiap ansuh yang dilepas menanam pohon (bunga) sebagai kenangan yang diharapkan selalu tumbuh seiring dengan tumbuhnya anak asuh yang telah dilepas. Ansuh yang telah menjadi alumni juga wajib menadatangani perjanjian alumni. Inti dari perjanjian alumni adalah semua ansuh yang telah menjadi alumni wajib untuk selalu mengukir prestasi dan menjaga nama baik almamater (Yayasan).

Gambar 26: Penanaman Pohon oleh Alumni

                                      Gambar 27: Penandatanganan Perjanjian Alumni

  • Ulang Tahun Ansuh

Ulang tahun anak asuh diadakan sebulan sekali setiap ada anak asuh yang berulang tahun.

Gambar 28: Ulang Tahun Anak Asuh

1 thought on “Program Yayasan Anak Kita”

Comments are closed.