Fasilitas Yayasan Anak Kita

1. Sarana dan Prasarana

a. Gedung Asrama “Pelangi”

Gedung seluas 350 M2 dan dapat menampung 24 anak asuh. Gedung ini terdiri dari:

                               Foto 1: Gedung Asrama Pelangi                      

  1. Ruang Santai/ Ruang Tamu

Ruang santai atau ruang tamu ini digunakan sebagai tempat menerima tamu dan juga tempat bersantai bagi anak asuh beserta keluarga Yayasan. Di ruangan ini disediakan televisi, Koran, DVD dan alat peraga pembelajaran guna menambah wawasan.

                              Foto 2: Ruang Santai

  • Enam Kamar Tidur Ansuh

Kamar tidur sangat lah unik, unik dari nama dan juga warnanya. Tiap nama dan warna kamar memiliki makna yang indah. Kamar-kamar tersebut terdiri dari:

  1. Kamar Angkasa

Angkasa memiliki makna bahwa cita-cita ansuh sangat tinggi dan luhur. Mulai dari pintu kamar, sprei, pola keramik lantai, rak buku, dan juga perlangkapan ansuh seperti keranjang baju, handuk, dan lain lain berwarna biru muda.

                                    Foto 3: Kamar Angkasa                      

  • Kamar Bahari

Bahari memiliki makna bahwa cita-cita ansuh sangat luas, dan mampu memberi banyak manfaat kepada sesama seperti bahari yang luas dan kaya akan penghidupan. Warna kamar dan isinya adalah biru laut.

  • Kamar Mentari

Mentari memiliki makna bahwa ansuh diharapkan dapat besinar dan terus bersinar. Memberi penerangan untuk generasi penerus bangsa Indonesia.

  • Kamar Fajar

Fajar memiliki makna bahwa semangat anak selalu membara disetiap waktu. Selalu membara seperti dipagi hari ketika fajar muncul.

  • Kamar Bintang

Bintang melambangkan bahwa ansuh diharapkan sepeti bintang, tumbuh dengan warna warni cita-cita untuk membangun bangsa.

  • Kamar Tunas (Tunas memiliki makna bahwa ansuh diharapkan tumbuh menjadi pasukan generasi penerus bangsa.)
  • Ruang Makan

Foto 4: Ruang makan

  • Ruang Belajar
  • Dapur
  • Enam Kamar Mandi/WC

Satu kamar disediakan satu kamar mandi. Dan penggunaannya harus menetap sesuai dengan jatah kamar (tidak boleh berganti-ganti kecuali dalam keadaan darurat).

  • Satu Ruang Cuci Pakaian

                               Foto 5: Kamar Mandi

b. Gedung Workshop “Tunas Harapan”

Gedung seluas 480m2 ini digunakan untuk pelatihan dan olahraga.

Gedung workshop terdiri dari:

  1. Satu ruang komputer
  2. Satu lapangan badminton
  3. Satu ruang pelatihan tata boga
  4. Satu ruang pelatihan tata busana
  5. Satu ruang gudang peralatan
  6. Dua kamar kecil (WC dan Kamar Mandi)
  7. Satu ruang sanitasi

                              Foto 6: Gedung Workshop

                              Foto 7: Ruang Komputer

                           Foto 8: Lapangan Badminton

                                  Foto 9: Ruang Tata Boga

Mushola “Assakinah”

Mushola ini memiliki luas 56 M2 dan dapat menampung 72 jamaah. Mushola dilengkapi dengan tempat wudhu juga kamar kecil. Mushola sebagai pusat ibadah keluarga Yayasan. Sholat tidak boleh dilaksanakan di kamar. Pelajaran pendidikan agama islam (PAI) dilaksanakan di mushola ini. Pendidikan agama islam difasilitasi dengan dua guru. Materi mencakup Fiqih, Tajwid, Tauhid, dll. PAI dilaksanakan setiap habis Magrib hingga Isya (seminggu 4 kali dengan guru dan 3 kali tanpa guru). Selain itu, sering diadakan kajian peringatan hari-hari besar islam, baik yang dilaksanakan oleh pihak interen Yayasan maupun yang diadakan oleh pihak luar (Donatur)

Foto 10: Mushola Assakinah     

d. Gedung Perpustakaan “Kuniko”

Gedung ini seluas 220 M2 dan dapat menampung 36 anak untuk membaca buku, belajar. Gedung ini terdiri dari:

1) Satu ruang perpustakaan                           2) Dua kamar tidur tamu

  • Dua bilik untuk Koperasi “Yakin Syariah”
  • Dua kamar kecil (WC/ kamar mandi)

                                 Foto 11: Gedung Perpustakaan Kuniko

                                           Foto 12: Ruang Perpustakaan

Jogging Track

Jogging track terdiri dari dua rute, yaitu: sepajang 200 M (seputar asrama dan mushola) dan 150 M (melewati sebelah timur workshop). Setiap pagi sebelum sarapan, anak asuh wajib senam bersama. Setelah senam bersama, mereka bisa menambahkan olahraga dengan lari mengelilingi jogging track. Lingkungan yang mendukung, pemandangan yang indah dengan udara segar anti polusi di pagi hari, bisa menjernihkan pikiran anak asuh sebelum memulai belajar di sekolah.

f. Kebun Buah-Buahan dan Sayur Mayur

Kebun buah-buahan dan sayur mayur terletak di belakang Yayasan. Luas lahan sekita 5000 M2. Lahan sebelah timur adalah kebun buah-buahan (ditanami manga, pisang, salak, belimbing, papaya, jambu, dll) dan lahan sebelah barat adalah lading sayur mayur dan sawah. Hasil utama dari lahan ini digunakan untuk supplai bahan dapur, selebihnya dijual di pasar. Saat ini kami membutuhkan partner (tenaga ahli pertanian) untuk mengelola lahan tersebut sebagai relawan di Yayasan. Kami memiliki rencana untuk memperbaiki kondisi tanah pertanian dan teknologi pengolahannya, dengan harapan kualitas hasil pertanian juga semakin baik dan layak disalurkan ke pasar level menengah/ menengah atas. Kami juga membutuhkan penyalur hasil pertanian tersebut.

                                              Foto 13: Lahan Penanaman Padi    

Foto 14: Kebun Buah-Buahan

Kolam Ikan

Kolam ikan terletak di sebelah selatan lapangan voley dan terdiri dari tiga kolam ikan dengan masing-masing seluas 33 M2. Kolam ikan ini merupakan tempat pembibitan ikan lele, nila, gurame, dll. Kola mini digunakan sebagai media anak asuh dalam kegiatan pendidikan perikanan di Yayasan. Dengan pembimbing yang professional, selain sebagai media pembelajaran, hasil dari perikanan ini bisa untuk suplai dapur Yayasan, bahkan selebihnya bisa dijual di pasar.

Foto 15: Kolam Ikan

h. Kandang Ayam

Kandang ayam terletak di sebelah ujung belakang Yayasan. Kandang ayam memiliki luas 60 M2. Kandang ini digunakan anak asuh sebagai tempat praktik dan penelitian ekstrakurikuler peternakan. Namun, untuk sementara kegiatan ini ditiadakan berhubung dihalangi banyak masalah.

                       Foto 16: Kandang Ayam